Rabu, 03 Agustus 2011

cek kecepatan blog dengan page speed

Wah,pasti penasaran kan berapa nilai kecepatan blog anda? Dan faktor apa saja yang mengakibatkan loading-nya yang lambat? Tidak perlu khawatir semua jawabannya bisa diketahui jelas dengan menggunakan Page Speed. Pengaya (addons) Firefox buatan Google ini mampu mengevaluasi secara detail berbagai faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog atau situs.
Page Speed tidak bisa berjalan sendiri. Dalam penggunaannya, fitur-fitur dari Page Speed menumpang pada Firebug (pengaya Firefox yang banyak digunakan oleh para pengembang web untuk menganalisa dan memeriksa elemen-elemen dari sebuah situs). Karenanya, kita harus menginstalasi dua-duanya.
Menginstalasi Firebug dan Page Speed tidak ada aturan urut. Anda bebas menginstalasi yang mana saja terlebih dahulu. Tapi saya menyarankan agar anda menginstalasi Firebug terlebih dahulu, baru kemudian Page Speed.
Baik, silakan anda mengunjungi halaman Firebug di sini. Kemudian klik “+Add to Firefox”. Bila anda menggunakan Firefox 3.6, anda disarankan menggunakan Firebug 1.5.3. Selanjutnya bila Firefox menanyakan apakah menyetujui instalasi pengaya ini, jawab saya “Allow”. Tunggu proses instalasinya sampai selesai.
Berikutnya anda kunjungi halaman Page Speed di sini. Bila anda menggunakan Firefox 3.6, Google menyarankan anda memakai Page Speed 1.7. Oke, pada halaman Page Speed, klik “Install Page Speed 1.7”. Jawab apa bila ada konfirmasi instalasi dengan mengklik “Allow”, dan tunggu proses instalasinya sampai selesai.
Bila kedua pengaya ini sudah anda pastikan terinstal, restart (matikan dan hidupkan kembali) Firefox anda. Lihat di sebelah kiri bawah tampilan Firefox akan muncul seekor kutu. Itulah Firebug. Coba klik kutu tersebut. Maka jendela Tools Firebug akan terbuka pada bagian bawah Firefox. Tutup jendela tersebut dengan mengklik kembali si kutu di pojok kiri bawah Firefox.
firebug

Sekarang buka halaman depan blog anda. Lalu klik kembali si kutu Firebug. Pada barisan menu Firebug, cari dan klik Page Speed, lalu klik Analyze Performance. Lihat apa yang terjadi. Ya, akan terlihat proses evaluasi dan hasil pengecekan Page Speed. Nilai kecepatan blog anda tertera pada kalimat “Page Speed Score: XX/100”. Dan pada bagian bawahnya tertera poin-poin hasil analisanya. Saya sendiri melihat ada tiga macam indikasi penilaian; Tanda seru dalam lingkaran merah menandakan skor buruk yang harus diperhatikan untuk dioptimalkan. Tanda segitiga kuning menandakan nilai sedang, dan tanda centang hijau menandakan nilai yang baik. Anda bisa mengklik masing-masing poin tersebut dan mempelajarinya.
Kini anda bisa mulai bereksperimen. Cobalah melakukan analisa kecepatan terhadap blog rekan-rekan anda sambil blogwalking. Lihat berapa skor masing-masing dari mereka.


Baca Juga:

1 komentar:

dicky mengatakan...

kagak bisa gan

Posting Komentar

SILAHKAN TULISKAN KOMENTAR SOBAT DISINI...
» Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur spam, SARA, pelecehan , dan komentar yang tidak sopan serta menyinggung apapun tanpa terkecuali, komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus oleh Saya
SEKIAN Terima kasih, Salam Blogger !

Re-Modif by : Husen