Senin, 09 Mei 2011

Point Blank vs Counter Strike

Point Blank merupakan salah satu game FPS (First Person Shooter) yang sedang booming di Indonesia. Sebelumnya, game FPS didominasi oleh Counter Strike. Lalu, manakah game FPS yang lebih keren?

Pangkat

Dalam permainan PB (Point Blank) dikenal sistem pangkat. Prestasi seorang gamer akan dicatat sesuai ID yang didaftarkannya. Semakin sering dia bermain, semakin banyak pengalamannya (experience), semakin tinggi pangkatnya.

Sistem pangkat ini tidak dikenal dalam CS (Counter Strike). CS hanya mencatat jumlah kill (membunuh) dan death (mati) dalam satu permainan. Ketika berganti permainan, point tidaklah diakumulasi.

Sistem pangkat dalam PB inilah salah satu pemikat bagi para gamers untuk bermain lagi dan lagi. Mereka terpacu untuk mencapai pangkat tertinggi di PB, punya clan, dsb.

Graphic Adapter

Untuk memainkan CS, tidak perlu spesifikasi terlalu tinggi. Tidak harus mendukung shader yang tinggi.

Tetapi, jika Anda ingin memainkan PB, Anda harus memasang kartu grafis yang minimal mendukung SM 2.

Hal inilah yang diprotes oleh sebagian gamer. Apalagi PB terus diupgrade. Kompi yang sekarang bisa ber-PB ria, mungkin besoknya sayonara.

Ada salah satu member yang menyindir dengan ungkapan, “Forget the new one. Time to play Counter Strike.” Hal itu mungkin balasan bagi ungkapan PB yang menyindir CS dengan ungkapan, “Forget the old one. Time to play PB”

Penggunaan tekhnologi mutakhir pada PB memang dirasa belum diperlukan dan cenderung kurang efektif. Kebanyakan gamer lebih mementingkan performa daripada kualitas. Lagi pula kualitas graphic CS, walau tanpa tekhnologi terkini, sudah sangat bagus. Untuk apa menggunakan tekhnologi mutakhir jika kualitas tak jauh berbeda?

Jika PB mau mendown-grade sehingga lebih banyak vga card yang cocok, mungkin pengguna PB akan lebih banyak lagi.

Offline

Selain dapat digunakan secara online dengan internet, CS dapat digunakan dalam intranet dan bahkan secara offline sama sekali dengan individual PC.

Sedangkan PB harus dimainkan secara online. Sampai saat ini, belum ada PB versi offline.

Pointer

Pointer di PB dapat disetting menjadi titik yang dirasa lebih akurat daripada tanda plus yang hilang tengahnya. Sedangkan CS hanya mengubah besar pointer tanpa mengubah jenis pointer.

Senjata

Senjata di CS lebih realistis. Dari sisi nama, produsen, damage, dan bentuknya sangat mirip dengan senjata pada kenyataannya. Jika Anda pernah melihat pasukan Densus 88 beraksi, seperti itulah senjata yang ada di CS.

Sedangkan senjata di PB hanya mementingkan bentuk dan cara penggunaan. Nilai rusaknya tidak membuat seseorang tertarik. Karena harga yang mahal tidak disertai dengan kecanggihan yang diharapkan. Bahkan daya rusak pistol di PB boleh dibilang tidak berarti. Jika pengguna CS tertarik membeli Night Hawk, pistol di PB tidak ada yang menarik.

Jadi, dari sisi sistem pangkat, PB lebih keren. Namun dari sisi senjata dan perangkat yang diperlukan, CS lebih keren. Punya opini lain? Silahkan tulis komentar di bawah!

Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TULISKAN KOMENTAR SOBAT DISINI...
» Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur spam, SARA, pelecehan , dan komentar yang tidak sopan serta menyinggung apapun tanpa terkecuali, komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus oleh Saya
SEKIAN Terima kasih, Salam Blogger !

Re-Modif by : Husen