Senin, 05 September 2011

Orang - Orang Yang Mengubah Dunia Internet

Saat ini internet sudah bukan hal yang asing lagi bagi seseorang, bahkan dunia internet mampu menjadikan penggunanya mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan. Kegiatan yang konvensional sekarang sudah diimprovisasi oleh “penjelajah dunia” secara maya ini. Mulai dari komunikasi, permainan, referensi, semuanya dapat kita lakukan melalui internet. Internet juga sudah mampu mengubah hidup seseorang dari segi sosial, mental, knowledge bahkan sampai fisik seseorang.

Tapi sebagian banyak orang masih belum mengetahui siapa orang yang paling berjasa pada dunia maya yang sering kita kunjungi ini (Internet). Berikut ini orang yang paling berpengaruh pada dunia internet.
  1. Vint Cerf dan Bob Kahn (TCP/IP)

  2. Jika tidak ada beliau, maka dunia pun tidak akan secanggih seperti jaman sekarang dan internet pun sepertinya tidak akan pernah ada. Bapa Internet Vint Cerf, bersama Bob Kahn menciptakan TCP / IP, yang pada dasarnya merupakan protokol untuk komputer agar bisa saling berkomunikasi. satu dengan yang lainnya dalam suatu jaringan. Vint Cerf pernah berkata bahwa “internet hanyalah cermin dari populasi dan spam merupakan efek samping dari layanan gratis”.
  3. Tim Berners-Lee (Pembuat WWW)

  4. Beliaulah yang menjadikan kita mampu untuk melakukan “surfing” di dunia intenet. Beliau menulis script web client dan web server untuk pertama kalinya dan mendesignnya agar mampu menghasilkan suatu hyperlink atau hypertext . Beliau sekarang mempertahankan standar untuk web dan terus menyempurnakan rancangannya. Sekarang beliau menjadi direktur dari World Wide Web Consortium (W3C).
  5. Ray Tomlinson (E-Mail)

  6. Untuk para pengguna Email, berterima kasihlah pada “Bapa Email” ini, berkat beliaulah kita dapat mengirimkan pesan elektronik tanpa perlu repot untuk mengirimnya. Programmer Ray Tomlinson, memungkinkan untuk bertukar pesan antara mesin di lokasi yang beragam; di seberang benua, dan lautan. Beliau merancang simbol “@”  untuk alamat e-mail.
  7. Michael Hart (Perancang E-book)

  8. Bagi para “Kutu Buku Eletronik” wajib berterima kepada orang ini. berkat beliaulah kita sering mendapatkan referensi yang mudah, praktis, fleksibel. E-book juga merubah cara baca seseorang
  9. Gary Thuerk (Spam)

  10. Spam dibuat secara tidak sengaja, Gary Thuerk mengirimkan e-mailnya berturut-turut kepada customernya melalui ARPANET untuk mempromosikan produknya. Beliau tidak mengira bahwa email kirimannya merupakan sebuah spam. Banyak yang mengira bahwa spam merupakan hal yang jahat pada sebuah internet. Definisi ini tidak selalu benar, karena pada dasarnya spam merupakan teknik pemasaran yang sangat baik dalam dunia internet untuk mempromosikan produknya.
  11. Scot Fahlman (Emoticon)

  12. Bagi para pengguna komunikasi mungkin tidak akan se-interaktif dan se-komunikatif sekarang jika Scot Fahlman tidak menciptakan Emoticon. Beliau merancang emoticon dengan kode basis ASCII. Menurut beliau ini akan  membantu untuk membedakan antara posting yang harus diambil bercanda dan mereka yang bersifat lebih serius. Sekarang, semua orang menggunakan mereka dalam program-program messenger, chat room, dan e-mail.
  13. Marc Andreessen (Netscape Navigator)

  14. Marc Andreessen merevolusi navigasi Internet atau yang sering kita sebut sebagai  web browser. Dia datang dengan Web browser pertama yang banyak digunakan yaitu Mosaic yang kemudian dikomersilkan mejadi Netscape Navigator. Marc Andreessen juga salah satu pendiri dan ketua Ning dan seorang investor  Digg, Plazes, dan Twitter.
  15. Jarko Oikarinen (IRC)

  16. Untuk para chatter sejati, berterima kasihlah pada Jarko Oikarinen. Karena beliaulah kita mampu berkomunikasi secara online dan Real-Time. Di Finlandia, alat ini dikenal sebagai IRC (Internet Relay Chat). IRC mulai populer pada tahun 1991. Pada saat Iraq menyerang Kuwait, sehingga sinyal radio dan TV putus. berkat IRC lah distribusi informasi selalu up-to-date.
  17. Robert Tappan Morris (Worm)

  18. Ternyata pada dunia internet kejahatan pun ada, dan itu sangat berpengaruh. Konsep virus worm adalah unik dibandingkan dengan hacking konvensional. yaitu alih-alih masuk ke jaringan mereka sendiri, lalu mengirimkan sebuah program kecil berbentuk kode untuk melakukan pekerjaan itu. Dari konsep ini, Robert Tappan Morris menciptakan Worm Morris. Itu salah satu virus worm pertama untuk dikirim keluar melalui internet yang secara tidak sengaja menyebabkan kerugian ribuan dolar dan “hilangnya produktivitas” ketika dirilis di tahun 80-an.
  19. David Bonhett

  20. David Bohnett  mendirikan GeoCities pada tahun 1994, bersama dengan John Rezner. Ini berkembang menjadi komunitas terbesar di Internet. Beliau memelopori dan memperjuangkan konsep pemberian halaman rumah gratis untuk semua orang di web. Sayangnya perusahaan ini menutup layanan pada tanggal 27 Oktober 2009.
  21. Ward Cunningham (Wiki)

  22. Ward Cunningham mengembangkan wiki pertama sebagai cara untuk membiarkan orang berkolaborasi, membuat dan mengedit halaman online bersama. Cunningham nama wiki setelah kata Hawaii untuk “cepat.” Ia mulai menulis perangkat lunak WikiWikiWeb tahun 1994 dan memasangnya di situs web konsultan perangkat lunak miliknya Cunningham & Cunningham (dikenal dengan nama domainnya c2.com) pada 25 Maret1995.
  23. Sabeer Bhatia (Hotmail)

  24. Sabeer Bhatia mendirikan Hotmail di mana huruf besar pada bahasa HTML-yang digunakan untuk menulis dasar sebuah halaman web. Ia menjual layanan e-mail gratisnya ke Microsoft sebesar $ 400 juta. Ia dianugerahi “Entrepreuner of the Year” oleh Draper Fisher Jurvertson pada tahun 1998 dan telah dicatat oleh TIME sebagai salah satu “People to Watch” dalam bisnis internasional pada tahun 2002. akuisisinya yang paling menarik dari 2009 adalah Jaxtyr yang ia percaya  menyalip Skype dalam hal global free call.
  25. Matt Drudge (The Drudge Report)

  26. Matt Drudge memulai situs agregasi berita Laporannya dengan kerja keras tulang. Situsnya populer ketika ia menyampaikan kabar yang kemudian menjadi skandal Monica Lewinsky. Drudge Report adalah situs agregasi berita terdiri dari link sejarah Amerika Serikat dan media mainstream internasional tentang politik, hiburan, dan peristiwa terkini serta link ke banyak kolumnis.
  27. Larry Page dan Sergey Brin (Google)

  28. Siapa yang tak kenal kata “google”. Google merupakan Search Engine pertama yang mulai dikenal pada saat internet muncul, Jasanya sangatlah banyak dan benar-benar mempengaruhi dunia internet. Larry Page dan Sergey Brin mengubah cara kita mencari dan menggunakan internet. Mereka bekerja sebagai tim yang mulus di bagian atas raksasa pencarian. Perusahaan mereka berkembang pesat setiap tahun sejak itu dimulai. Page dan Brin mulai dengan dana mereka sendiri. Mereka kemudian mendapatkan investasi swasta melalui Stanford. Sampai saat ini Google masih menjadi “Raja Search Engine”.
  29. Bill Gates

  30. Siapa yang tak tahu Bapa Microsoft ini. Bill Gates mendirikan perusahaan perangkat lunak yang disebut “Micro-Soft”. Yaitu kombinasi antara “perangkat lunak” dan “komputer mikro.”, Bill Gates mengembangkan GUI baru (Graphical User Interface) untuk sistem operasi disk. Ia menyebutnya gaya baru Windows. Ini sangat mempengaruhi dunia internet, karena sampai saat ini GUI masih menjadi satu-satunya cara bagaimana pengguna berinteraksi dengan komputer dengan sangat baik.
  31. Steve Jobs (Apple)

      Steve Jobs membuat ide inovatif dari komputer pribadi membawanya ke merevolusi perangkat keras komputer dan industri perangkat lunak. Pendiri Apple ini mengubah cara kita bekerja, bermain dan berkomunikasi. Beliau membuat desain web sederhana dan rapi bergaya.Fokus  Apple dan Steve Jobs adalah determinasi, jenius ,kreatif, inovatif, spirit, dan tujuan yang jelas. 

    17.   David Fillo dan Jerry Yang (Yahoo)

    David Fillo dan Jerry Yang mulai menciptakan Yahoo, dan merubah hobi seseorang dan cara berkomunikasi manusia menggunakan email. Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Tetapi Fillo dan Yang menganggap definisi Yahoo sebagai “rude, unsophisticated, uncouth.” (primitif, sederhana, kasar), tidak tahu apa maksud mereka tentang definisi tersebut.

    18.  Brad Fitzpatrick (LiveJournal)

    Brad Fitzpatrick menciptakan LiveJournal, yaitu salah satu platform blogging awal. Dia terkenal di Internet dengan julukan “bradfitz”. Dia juga penulis berbagai proyek perangkat lunak bebas seperti memcached, digunakan pada LiveJournal, Facebook dan YouTube. LiveJournal berlanjut hari ini sebagai komunitas online di mana orang dapat berbagi update pada kehidupan mereka melalui buku harian dan blog. Member terhubung dengan menciptakan sebuah link “friend list“.

    19.  Shawn Fanning (Napster)


    Shawn Fanning adalah seorang penemu Napster, yaitu  sebuah program peer-to-peer file-sharing yang  didesain untuk membiarkan penggemar musik mencari musik dan menjualnya. Pengguna dapat mendownload atau meng-upload file-file apapun yang disediakan dan untuk berbagi dengan orang lain ke dalam direktori khusus pada hard drive mereka. Layanan ini memiliki lebih dari 25 juta pengguna pada puncaknya pada tahun 2001, dan akhirnya ditutup setelah serangkaian tuntutan hukum high-profile, NamaNapster sejak itu diakuisisi oleh Roxio.

    20.  Peter Thiel (PayPal)

    Peter Thiel adalah salah satu tokoh Web yang pada umumnya terkait dengan PayPal. PayPal telah memungkinkan orang untuk mentransfer uang satu sama lain secara langsung. PayPal mulai memberikan sekelompok kecil akses pengembang untuk kodenya, yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan kerangka transaksi super canggih. Peter Thiel “Sang Penemu” PayPal , pada usia 31 menjual hasil temuannya pada eBay (yaitu empat tahun kemudian setelah menemukan PayPal) sebesar $ 1,5 miliar.

    21.  Pierre Morad Omidyar (eBay)


    Pierre Omidyar mendirikan sebuah pasar online yang membawa pembeli dan penjual bersama-sama yang belum pernah ada sebelumnya, dan mempelopori konsep kuantifikasi kepercayaan dari pengguna anonim. Dalam membangun kerajaan lelang nya, Omidyar terhitung kuat secara individu. Kekuatan besar Omidyar adalah membuka wawasan bagi sifat manusia yaitu simplicity. Dia mengerti bahwa orang akan membeli apa saja dengan cara yang mudah.

    22.  Jimmy Wales (Wikipedia)


    Jimmy Wales mendirikan ensiklopedi terbesar di dunia yang membawa artikel  dan mudah diedit oleh siapa saja yang bisa mengakses situs web. Diluncurkan pada tahun 2001 dan saat ini bekerja referensi umum paling populer di Internet.

    23.  Stewart Butterfield and Caterina Fake. (Flickr)


    Website photo sharing telah menjadi bagian dari kehidupan online sehari-hari bagi jutaan orang. Stewart Butterfield, yang bersama istrinya Caterina Fake menciptakan Flickr yang lahir dari sebuah permainan multi-player online yang tampaknya harus dicoba kepada pengguna Web 2.0. Flickr datang bersama dengan sebuah ide yang Anda tidak lagi punya album. Sebaliknya, Anda memiliki streaming foto. Pada tahun 2005 Yahoo mengakuisisi Aplikasi Online Photo Sharing ini.

    24.  Jonathan Abrams (Friendster)

    Jonathan Abrams menciptakan Friendster, bersama dengan Cris Emmanuel.  Aplikasi ini menawarkan banyak peralatan untuk membantu anggota untuk berkencan. Dia mengambil ide ini dari Match.com. Ini adalah jaringan sosial pertama yang sangat digemari oleh para interneter.  Member dapat membuat profil listing film favorit dan buku-buku (dan kencan status) dan link kepada teman, dan yang terkait dengan teman-teman mereka, dan masih banyak lagi fiturnya.

    25.  Niklas Zennstrom (Skype)


    Niklas Zennstrom menciptakan tren komunikasi secara langsung tercepat dalam sejarah yang disebut Skype. Hal ini menawarkan konsumen di seluruh dunia perangkat lunak bebas untuk membuat panggilan unggul berkualitas menggunakan komputer mereka dan memperluas penawaran untuk Linux, MAC & PC dan perangkat mobile / handheld.

    26.  Bram Cohen (BitTorrent)


    Jika Napster mulai generasi pertama dari file sharing, Bram Cohen mengubah wajah (format) file sharing dengan mengembangkan BitTorrent yang memiliki pengikut besar secara instan. Ia menggunakan prinsip Golden Rule: semakin cepat Anda upload, semakin cepat Anda diijinkan untuk men-download. istirahat BitTorrent up file ke bagian sedikit banyak, dan segera setelah pengguna memiliki sepotong, mereka langsung mulai mengupload bagian untuk pengguna lain. Jadi, hampir semua orang yang berbagi berkas yang diberikan secara simultan upload dan download potongan dari file yang sama.

    27.  Reid Hoffman (LinkedIn

    Reid Hoffman, mantan wakil presiden eksekutif di PayPal, menciptakan LinkedIn sebagai jaringan sosial profesional yang memungkinkan user terdaftar untuk mempertahankan daftar rincian kontak dari orang yang mereka kenal dan percaya dalam bisnis. Anggota dapat mencari pekerjaan, resume perdagangan, mencari karyawan baru dan mengikuti kompetisi.

    28.  Matt Mullenweg (WordPress)


    Matt Mullenweg mendidirikan aplikasi open source yang paling banyak digunakan di dunia blogging dengan memberikan kebebasan berekspresi yang dikenal sebagai WordPress. Beberapa situs Web yang paling populer berjalan di WordPress adalah  Techcrunch, Odeo, Mashable dan banyak lagi.

    29. Chad Hurley, Steve Chen, and Jawed Karim (YouTube)


    Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim bertemu sebagai karyawan awal di PayPal. Mereka kemudian mulai mengerjakan situs yang paling populer di internet yaitu online viedo sharing “YouTube”, yang menyiarkan lebih dari 100 juta video pendek. Ketika membuat YouTube, tiga orang ini dibagi pekerjaannya berdasarkan keterampilan: Chad Hurley merancang interface situs dan logo. Steve Chen dan Jawed Karim mengerjakan teknisnya. Mereka kemudian membagi tugas manajemen, berdasarkan kekuatan dan kepentingan: Chad Hurley menjadi CEO, Steve Chen menjadi Chief Technology Officer. Satu setengah tahun kemudian, Google mengakuisisi YouTube untuk dan membayarnya senilai $ 1,65 milyar.

    30.   Craig Newmark (Craiglist)

    Craig Newmark memulai sebuah situs yang secara dramatis mengubah dunia periklanan, ini disebut Craiglist. Hal ini menjadi suatu hal yang ditakuti oleh surat kabar karena merasa terancam oleh situs iklan gratis-untuk-semua rahasia. Ini dimulai sebagai daftar e-mail untuk teman-teman Newmark di Bay Area. Sejak itu, ia telah tumbuh menjadi database online untuk iklan baris bagi mereka, mulai dari iklan rumah samapi romance.

    31.  Julian Assange (Wikileaks)

    WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan.
    32.  Dick Costolo (Feedburner)

    Orang biasanya mengecek situs yang mereka sukai setiap saat dan yang akan datang untuk melihat apakah ada sesuatu atau berita yang baru. Pendiri  FeedBurner, Dick Costolo menciptakan sebuah agregator berita yang secara otomatis mendownload berita update yang terlihat di tempat-tempat yang kita sukai. Yaitu RSS feed, kependekan dari Really Simple Syndication, memberikan mereka media bit terbaru dari situs web . FeedBurner kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2007. Saat ini, Dick Costolo adalah  Chief Operating Officer Twitter  dan membuat twitter RSS generasi berikutnya.

    33.  Mark Zuckerberg (Facebook)


    Mark Zuckerberg mendirikan Facebook  agar dapat membantu siswa di universitas tetap berhubungan dengan teman-temannya. The “update status” mulai lahir di Facebook, dimana pengguna  teman yang dipercaya apa yang mereka lakukan. Mereka juga memamerkan foto, upload video, chatting, mencari teman, bertemu teman lama, bergabung dengan sebuah group, bersenang-senang dan melemparkan domba virtual (bermain game)  satu sama lain. Situs, yang diyakini memiliki 500 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, hanya empat negara yang tersisa untuk menaklukkan: Rusia, Jepang, Cina dan Korea, menurut Zuckerberg. Facebook kini dua kali besar dari  MySpace (Rupert Murdoch.)

    34.  Jack Dorsey (Twitter)


    Jack Dorsey menciptakan Twitter untuk memungkinkan teman-teman dan keluarga tahu apa yang dia lakukan. Pertumbuhan tercepat di dunia media komunikasi  memungkinkan pengguna mencurahkan pikiran mereka dalam 140 karakter atau kurang dan orang lain dapat merepost pesan informatif atau menghibur untuk pengikut follower mereka sendiri istilah ini dikenal sebagai Retweeting. Tidak ada satu pikiran orang akan ingin mengikuti orang asing, atau selebriti akan menggunakan Twitter untuk memberitahu  kegiatan mereka, atau suatu bisnis akan menggunakan Twitter untuk mengumumkan diskon atau peluncuran produk baru.

    34.  Ehmm... saya sendiri....wkwkwkw :p


    Itulah orang - orang yang sudah mengubah dunia Internet. Semoga Posting ini menjadi motivasi dan inspirasi sehingga menjadikan kita lebih bisa berkarya, berkreasi secara inovatif. Terima Kasih


      Baca Juga:

      0 komentar:

      Posting Komentar

      SILAHKAN TULISKAN KOMENTAR SOBAT DISINI...
      » Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur spam, SARA, pelecehan , dan komentar yang tidak sopan serta menyinggung apapun tanpa terkecuali, komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus oleh Saya
      SEKIAN Terima kasih, Salam Blogger !

      Re-Modif by : Husen